Pertanyaan Umum Calon Kenshusei Jepang

jepang

Bagi yang mau berangkat jadi Kenshusei keJepang pasti banyak banget pertanyaan yang mengumpal diotak kan. saya sebagai senpai yng telah terpuruk 3 tahun dijepang akan bercerita dari pengalaman yang tidak terlalu mengenakkan ini. oke kita mulai, pertanyaan :

  1. Biaya magang dijepang. Nah kita bahas lewat LPK swasta aja ya kalo IMM saya tidak tahu. hehehe. katanya untuk IMM biaya ditanggung sama depnaker yang bekerja sama dengan pemerintah jepang. Untuk biaya LPK swasta pada tahun 2013,2014,2015.. sekitar 26-35jt. tergantung LPK kita juga tapi pada tahun tersebut rata rata segitu. update 2016 kemrin ada temen satu LPK kena 35jt.
  2. Kalo ditipu bagaimana? itu sering banget bahkan sebelum belajar sampai mau berangkat di bandara kita masih aja kepikiran hal seperti itu, memang banyak kejadian yang dialami beberapa calon kenshusei, mereka sampai bandara cuma dikasih tiket sampai jakarta, sampai jakarta alasan nunggu panggilan. itu beberapa kasus yg dialami temen saya dulu. nah supaya tidak kena tipu, carilah LPK yang sudah memberangkatkan kenshusei atau bisa minta recomendasi temen yang sudah berangkat. tp jangan tanya LPK saya… hahaha saya kasian sma anda klo ikut LPK saya, pokonya jangan ya…
  3. Hidup dijepang bagaimana? Saya juga sempet bingung , sampai bawa sikat gigi, pasta gigi, obat dll. itu dulu karena enggak tau dijepang kayak apa, tp dari awal sih udah mikir masak negara semaju jepang pasta gigi aja enggak ada hahaha… pokoknya kalo jadi kenshusei jangan bawa baju dr indonesia, dijepang banyak. paling dr indo bawa alat ibadah saja, selain itu semua gampang dicari. jangan khawatir. berangkat tanpa bekal aja gak masalah.
  4. komunikasi gimana dengan orang jepang.? nah sebelum berangkat kan udah belajar, walaupun km cuma bisa bilng hai iie km bisa kok hidup dijepang , disini kita enggak bakal dihukum kalo gak bisa ngomong bhs jepang.. hahaha orng jepang ngerti kalo kita gak bisa bhs mereka, gak usah takut, banyak kenshusei dr negara cina yg sama seklai gk bisa ngomong bhs jepang. santai bawa kamus aja buat jaga jaga.
  5. Iklim beda gimana ? nah jepang kan negara 4 musim semi,panas,gugur,dingin. tahun pertama mungkin adaptasi suhu aja bro, biasa kan belum pernah liat salju hahaha. santai aja jacket murah kok dijepang untuk musim dingin. enggak bakal mati gak usah takut santai aja. hahaha.. paling penting kalo km datang pas musim dingin, bawa baju tebal aja, udah cukup itu. atau sekaliann bawa balsem atau minyak angin. hahaha takut masuk angin aja.
  6. Makanan, nah ini yg agak sulit, sampai 3th saya aja gak doyan yng namanya sushi.. tapi tenang aja masih bisa ditelan kok makanan dijepang, km makan aja di sukiya atau yoshinoya. dua restoran itu menunya nasi sama daging sapi. pasti doyan. atau beli nugget aja digoreng pake saos. hahah pokoknya santai aja soal makan dah.

kayaknya itu aja dulu ya , kalopun ada pertanyaan dr kawan kawan semua, bisa tulis dikoment kok InsyaAllah dijawab. semoga bisa kasih penceraha yg lagi galau mau berangkat ke jepangnnya.yg penting yakin aja pasti baik baik saja.

Merantau jepang ( foreign life in japan )

url

Bukan cita cita bisa kerja dan stay di jepang, semua anak kecil pasti dari kecil bercita cita ingin jadi presiden pilot dokter dsb, begitu juga saya dari kecil sampai remaja enggak pernah berfikir bisa sampai di sini. sebagai orang asing yang tinggal di negara orang kita tentu harus bisa cepat beradaptasi dengan kehidupan kebudayaan masyarakat setempat, gak mau kan kita di anggap aneh di depan mereka kalo kita tidak bisa berbaur dengan mereka.
Ada peribahasa hujan emas dinegeri orang hujan batu dinegeri sendiri tetep nikmat di negeri sendiri. Mungkin saat kita sedang bekerja di LN kita hidup kecukupan bisa nuruti semuA keinginan yg selama ini gak kesampean Karena belum ada dana. Bahkan sekarang di medsos banyk banget TKI yg upload video pamer kehidupan mereka yg berkecukupan, enggk tau motivasi mereka apa bikin video seperti itu. yang pasti tindakan seperti itu hanya akan bikin malu karena sampai para TKI itu balik mereka akan kembali kepada kehidupan standart mereka di Indonesia. Bahkan untuk TKI yang bekerja di Taiwan Hongkong ada beberapa oknum TKI yang menurut saya mengupload hal yang kurang bahkan sangat tidak pantas. cukup dengan mengetik kata kunci “tki hongkong” mesin googling isinya hal hal yg tidak baik dilihat bukan.

Pengalaman tinggal di Jepang membuat saya semakin mengerti makna dari pendidikan yang diberikan orang tua dulu. yang selalu mengajarkan kesederhanaan tentang kehidupan. kebanyakan para TKI yang berada diluar negeri mereka akan lupa asal usul mereka, perubahan akan terjadi setelah mereka menerima gaji yang terbilang besar dibanding gaji bekerja di indonesia. bahkan mereka akan lebih bergaya mewah dibandingkan penduduk asli negara tersebut. yang ujung nya mereka kelihatan malah NORAK di mata penduduk asli negera tsb. saya sendiri hampir ikut ikutan, sebenernya bukan ikut tapi karena baru sampai dan kita belum tahu kondisi disana , perbedaan iklim otomatis membuat kita sulit beradaptasi, saya dulu pertama sampai jepang bulan november , awal musim dingin. saat itu beli jacket musim dingin yg tebal banget. cukup mahal kalau dirupiahkan sekitar 700rb, pake bulu bulu. hahaha anjay bayangin aja saya malu. saya pakai sekitar semingguan saja. karena merasa enggak nyaman, dilihat juga enggak fashionable alias NORAK. pakain sepatu boot . edan kayak artis korea gitu deh. cukup deh curhat soal kacket bulu.

Kehidupan TKI di jepang sendiri bisa dibilng cukup baik karena biasanya sebelum berangkat kita sudah belajar bahasa jepang dahulu, sehingga memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal. karena di jepang warganya tidak mau belajar bhs inggris mereka malas karna mereka lidahnya enggak bisa mengucap dengan baik. Orang Jepang ternyata konservatif atau tidak mau menyerap secara masif bahasa asing. Misalnya saja, apabila anda berada di Jepang, Anda bakal jarang menemui papan petunjuk apapun yang berbahasa Inggris. Kebanyakan berbahasa Jepang. Jadinya, seorang turis asing akan semakin merasa asing, karena minimnya petunjuk untuk mereka.

Selain itu, apabila Anda, orang asing, ingin menonton bioskop di Jepang. Maka Anda sulit menemui film Hollywood dengan subtitle tertulis. Kebanyakan, hanya ada film Barat yang didubbing berbahasa Jepang. Maka jangan kaget jika nonton film di Jepang, jangan kaget kalau bakal lihat Tom Cruise ngomong bahasa Jepang. Itulah hasil dubbing. Makanya, film-film Barat yang keluar di Jepang itu agak lama, karena harus didubbing terlebih dahulu. makanya saya enggak mau ke bioskop soale entar film e malah jadi enggak syahdu liat margot robbie *harley quinn bilng kimochi hahaha…

Untuk urusan ibadah saya sebagai muslim sangat kesulitan karena selama jam kerja kita dilarang beribadah. yah maklum kita minoritas di sini. untuk ke masjid aja kita perjalanan sekitar 1jam naik kereta itu untuk masjid terdekat. apalagi waktu puasa kita akan sangat kesulitan karena kita tidak menerima toleransi dr perusahaan kita bekerja. untuk fasilitas umum sepertinya selama ini saya masih bisa menikmati sepeeti warga jepang sendiri. namun untuk pelayanan publik seperti sepertinya kita akan sedikit kesulitan karena keterbatasan bahasa kita. karena mereka masih menggunakan bhs jepang, dan biasanya petugas e udah tua gak bisa bhs inggris. secara keseluruhan saya merasa nyaman disini. dan saya suka tinggal dijepang tapi tidak suka bekerja dijepang. hehehe .

 

Cara Mengurus Sendiri Keringanan Pajak Gensen di Jepang

gensen

Selamat pagi ohayou kawan kawan para kenshusei di seluruh jepang, saat saya nulis artikel ini lagi kedinginan karena sekarang lagi musim dingin, menurut prakiraan cuaca bakal turun salju ni. hahahaha… asik maen salju. eh tapi disini kita gak bahas salju ya tapi bahas gensen. Yang belum tahu apa itu gensen gak usah bingung tanya tanya lagi gensen itu cuma kertas pemberitahuan pajak, nah kita urus pajaknya bukan gensennya, tapi gensen buat syarat ngurus pajak hahaha bingung to hehehe. Gak usah bingung kita bikin simpel aja.

Kalian pasti pengen pajak yang kita bayar banyak itu kembali ke kita atau setidaknya kita mendapat keringanan pajak saat tinggal dijepang. bahasa kasarnya sih kita memohon surat tidak mampu agar kita bebas pajak. tp toh yang penting kita bisa manabung buat keluarga tanpa banyak potongan.

baik sekarang kita persiapkan syarat utama yaitu :

1 Surat gensen

2 KTP jepang

3 Bukti transfer ke Indonesia ( wesel, union bank,kyodai)

4 Kartu keluarga ( sebaiknya ditranlate ke bhs jepang )

5 Rek bank jepang

Kalo semua syarat udah ada gak usah bingung kemana ngurusnya jagan lewat perantara atau broker. Karena mereka ambil 50% dari uang gensen. Sayang kan uang separo diambil orang, padahal kita bisa ngurus gensen sendiri dengan gratis dan cepat. kita ngurus gensen sendiri selesai dalam waktu 2 jam. Oke setelah syarat semua komplit km ambil smartphone kalian buka google maps search dengan kata kunci zeimusho ( kantor pajak ) sebagai contoh km tinggal di marugame kagawa ken km tulis aja marugame zeimusho (

丸亀税務署)

jrengggggg itu dia kantor pajak yang paling dekat dengan lokasi km. naik sepedalah sebentar datang ke kantor zeimusho bawa semua syarat kasih aja ke petugas mereka akan tahu maksd tujuan kita.

Pengalaman saya pribadi bawalah kamus atau ajak teman yang bhs jepangnya bagus atau teman jepang agar kita lebih cepet prosesnya. saya ampe 2 jam karena mesti buka kamus hahahaha…

Ingat jangan lewat perantara ngurus gensen nya, kalian kenshusei pastinya cerdas enggak maukan kita dibodohi.

semoga bermanfaat. silahkan share kalo bermanfaat.

NB: semakin cepat diurus semakin baik jangan nunggu tahun ke 2 langsung urus aja kalo km tahun pertama. kalo dr tahun pertama diurus gaji kita bisa lebih banyak karena bisa bebas pajak atau mendapat keringanan.