Liburan Golden Week di Jepang ゴールデンウィーク

Inilah yang di tunggu para pekerja di jepang, yah libur tapi ini jadi istimewa karena liburan panjaaaaaaaaang. Sekedar intro ya bray, golden week itu adalah istilah hari libur berurutan ada beberapa hari libur nasional jepang yang berurutan jadi satu sekitar satu minggu

 

Itu diatas dari wikipedia ya gan, gw stay disini bukan berarti tahu segalanya hehehe. oh iya di sini juga peringatin hari bururh tgl 1 mei . Saat golden week dijepang orang orang pada mudik ke kampung gan kalo di indonesia sih mirip lebaran, seperti liburan musim panas musim dingin di golden week arus lalu lintas juga rame. kalo yg enggak mudik biasanya liburan ke luar negeri, favorit merka tuh di hawai.. disana katanya bisa pake bahasa jepang , itu kata temen kerjaku.

Jepang kan negara 4 musim saat golden week adalah saat paling tepat untuk liburan karena saat golden week cuacanya sejuk bray, banyak di kota kota yng mengadakan perayaan atau di sebut matsuri , jadi bisa dipastikan karena arus mudik dan arus orang liburan maka di stasiun kereta pasti penuh sesak orng , jgn mikir disini macet kek mudik indonesia ya, soalnya disini kao mudik pake kereta api atau transportasi umum bray..

Untuk pekerja magang seperti saya liburan golden week adalah buat restart badan dan pikiran setelah di push kerja maraton bray, saatnya kendorin otot sama pikiran, dan pastinya halan halan walau pun cuma keliling sekitar tempat tinggal aja . kalo untuk mudik ke kampung (indonesia) berat di ongkos sama waktu bray..

 

Advertisements

Menikmati suasana Jepang di kotohira ( kompira san )

IMG_1188

Hari ini ada kohai baru , semalam mereka baru tiba di jepang, Alhamdullah punya temen baru lagi. Sampai di rumah mereka kelihatan masih jetlag bahasa gaul e alias linglung.. mungkin mereka masih bingung atau masih mimpi sampai dijepang, karena biasanya orang kerja di luar negeri dari golongan menengah ke bawah yang sama sekali jarang traveling sampai ke luar negeri,

Karena sekarang di jepang sudah mulai dingin (November) maka kami putuskan kita ke kotohira naik kereta api alias densa, sebenernya untuk anak baru bersepeda lebih mengasyikan, kita bisa melihat kehidupan jepang sambil bersepeda. Namun karena cuaca sudah mulai dingin dan kemungkinan hujan ada kami lebih save naik kereta api saja. Ongkos dari Stasiun terdekat kami tinggal lumayan murah hanya 260 YEN saja, Karena jaraknya agak deket didalam kereta hanya sebentar saja sambil mendengarkan cerita anak2 baru tentang kehidupan di indonesia. sangat menyenangkan bagi kami orang perantauan saat kita bersama orang senegara dan kita mendengarkan cerita kehidupan di negera kita, serasa di rumah.. hahaha jadi kangen rumah ceritanya.

Kotohira sebuah kota kecil sangat eksotis disini kita kayak kembali ke jepang masa dulu, karena bangunanya kuno dan mirip sekali di film2 kungfu hahaha… dan kalo ke kotohira kita harus berusaha keras untuk bisa menikmati keindahan kotohira .. untuk sampai ke puncak konpira kita harus melewati 1368 anak tangga . bayangin aja sudah capek kan. hahaha

jadi sebelum ke sana persiapkan fisik dulu aja.. tapi buat yang mau lihat fotonya ini udah disiapin kok.. enjoy.

IMG_1207 IMG_1187 IMG_1189 IMG_1190 IMG_1192 IMG_1195  IMG_1212 IMG_1211  IMG_1203IMG_1212IMG_1194IMG_1202SONY DSC Konpira-san-8 SONY DSCurl

Untuk Kuil yang berwarna merah namanya kuil izutama karena enggak kuat naik ambil di google aja ya.. hahaha ,

Jalan Jalan melihat Autumn Di Takamatsu Kagawa Japan

Photo 25-11-14 07.04.42

Daun yang bikin geger jepang. yup momiji… dari kecil gak pernah ngimpi bakal kerja dijepang, apalagi liat momiji, well setelah tinggal dan bekerja disini banyak kebudayaan yang bisa dipelajari.

Memang sangat susah untuk beradaptasi dengan kebudayaan kita orang indonesia. bayangkan dari bahasa sampai makanan semua berbeda, kita seperti terlahir kembali atau jadi orang baru kalo tinggal disini.

Namun apabila kita sudah terbiasa bahkan menjadi suka kebudayaan jepang juga sangat berguna membangun mental dan prilaku sehari2 kita, gampangnya buang sampah aja kita lebih tertib setelah tinggal dijepang, up kok malah ngomongin budaya hahaha kek gw anak kuliahan aja. 

Ceritanya sabtu balik kerja anak2 pada pengan liat momiji di ritsurin koen , dari tempat kami tinggal marugame kami naik eki dari eki sanukisioya dengan tiket 660 YEN kami bisa sampai ke Takamtsu Eki.

Karena kami naik futsu densa ya setiap eki kecilpun kereta berhenti.. lumayan bisa lihat2 kehidupan dijepang. perjalanan sekitar 45 menit. sampai di Takamatsu Eki kami menyewa sepeda untuk ke Ritsurin koen dengan biaya 100 Yen kita bisa menyewa sepeda atau rental bicycle.. lebih enak naik taksi sih sekita 1000 Yen namun naik taksi enggak bisa sampil mampir2 coy, mahal pula hahahaha… sepanjang perjalanan kita bisa menikmati suasana kota dijepang.. bersih rapi tertib, sampai ditaman tiket masuk 410 Yen. setelah menyerahkan tiket kita akan memperoleh brosur taman, isinya lengkap petunjuk isi taman dan keterangan sejarah taman, well karena saya tidak bisa bahasa jepang abaikan saja,,, hahha.. karena hari ini puncak perayaan momiji di ritsurin maka pengunjung sangat banyak bahkan sampai antri di pinggir jalan, momiji sangat indah apabila di lihat pada malam hari apalagi di sinari lampu, semakin membuat warna daun momiji keluar indahnya… banyak orng jepang atau orang asing berfoto di bawah pohon sambil memegang momiji atau sekedar selfie bareng temen2 ,

 Photo 23-11-14 14.03.02   Photo 23-11-14 13.58.05

karena gak punya kameran Dslr ya terpaksa foto pake HP aja sayang sekali menjelang malam makin indah tp makin burem fotonya pake kamera HP hahaha nasib nasib. selain melihat momiji ada juga seni teather dan kebudayaan jepang disini, saya sempet mengira yang dateng pasti anak2 kecil sama orang tua aja, tapi ternyata anak muda banyak yang datang lo, ini taman bukan mall lo hahaha.

 

 

 

    Photo 23-11-14 13.58.20