Pertanyaan Umum Calon Kenshusei Jepang

jepang

Bagi yang mau berangkat jadi Kenshusei keJepang pasti banyak banget pertanyaan yang mengumpal diotak kan. saya sebagai senpai yng telah terpuruk 3 tahun dijepang akan bercerita dari pengalaman yang tidak terlalu mengenakkan ini. oke kita mulai, pertanyaan :

  1. Biaya magang dijepang. Nah kita bahas lewat LPK swasta aja ya kalo IMM saya tidak tahu. hehehe. katanya untuk IMM biaya ditanggung sama depnaker yang bekerja sama dengan pemerintah jepang. Untuk biaya LPK swasta pada tahun 2013,2014,2015.. sekitar 26-35jt. tergantung LPK kita juga tapi pada tahun tersebut rata rata segitu. update 2016 kemrin ada temen satu LPK kena 35jt.
  2. Kalo ditipu bagaimana? itu sering banget bahkan sebelum belajar sampai mau berangkat di bandara kita masih aja kepikiran hal seperti itu, memang banyak kejadian yang dialami beberapa calon kenshusei, mereka sampai bandara cuma dikasih tiket sampai jakarta, sampai jakarta alasan nunggu panggilan. itu beberapa kasus yg dialami temen saya dulu. nah supaya tidak kena tipu, carilah LPK yang sudah memberangkatkan kenshusei atau bisa minta recomendasi temen yang sudah berangkat. tp jangan tanya LPK saya… hahaha saya kasian sma anda klo ikut LPK saya, pokonya jangan ya…
  3. Hidup dijepang bagaimana? Saya juga sempet bingung , sampai bawa sikat gigi, pasta gigi, obat dll. itu dulu karena enggak tau dijepang kayak apa, tp dari awal sih udah mikir masak negara semaju jepang pasta gigi aja enggak ada hahaha… pokoknya kalo jadi kenshusei jangan bawa baju dr indonesia, dijepang banyak. paling dr indo bawa alat ibadah saja, selain itu semua gampang dicari. jangan khawatir. berangkat tanpa bekal aja gak masalah.
  4. komunikasi gimana dengan orang jepang.? nah sebelum berangkat kan udah belajar, walaupun km cuma bisa bilng hai iie km bisa kok hidup dijepang , disini kita enggak bakal dihukum kalo gak bisa ngomong bhs jepang.. hahaha orng jepang ngerti kalo kita gak bisa bhs mereka, gak usah takut, banyak kenshusei dr negara cina yg sama seklai gk bisa ngomong bhs jepang. santai bawa kamus aja buat jaga jaga.
  5. Iklim beda gimana ? nah jepang kan negara 4 musim semi,panas,gugur,dingin. tahun pertama mungkin adaptasi suhu aja bro, biasa kan belum pernah liat salju hahaha. santai aja jacket murah kok dijepang untuk musim dingin. enggak bakal mati gak usah takut santai aja. hahaha.. paling penting kalo km datang pas musim dingin, bawa baju tebal aja, udah cukup itu. atau sekaliann bawa balsem atau minyak angin. hahaha takut masuk angin aja.
  6. Makanan, nah ini yg agak sulit, sampai 3th saya aja gak doyan yng namanya sushi.. tapi tenang aja masih bisa ditelan kok makanan dijepang, km makan aja di sukiya atau yoshinoya. dua restoran itu menunya nasi sama daging sapi. pasti doyan. atau beli nugget aja digoreng pake saos. hahah pokoknya santai aja soal makan dah.

kayaknya itu aja dulu ya , kalopun ada pertanyaan dr kawan kawan semua, bisa tulis dikoment kok InsyaAllah dijawab. semoga bisa kasih penceraha yg lagi galau mau berangkat ke jepangnnya.yg penting yakin aja pasti baik baik saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: