Cara Mengurus Sendiri Keringanan Pajak Gensen di Jepang

gensen

Selamat pagi ohayou kawan kawan para kenshusei di seluruh jepang, saat saya nulis artikel ini lagi kedinginan karena sekarang lagi musim dingin, menurut prakiraan cuaca bakal turun salju ni. hahahaha… asik maen salju. eh tapi disini kita gak bahas salju ya tapi bahas gensen. Yang belum tahu apa itu gensen gak usah bingung tanya tanya lagi gensen itu cuma kertas pemberitahuan pajak, nah kita urus pajaknya bukan gensennya, tapi gensen buat syarat ngurus pajak hahaha bingung to hehehe. Gak usah bingung kita bikin simpel aja.

Kalian pasti pengen pajak yang kita bayar banyak itu kembali ke kita atau setidaknya kita mendapat keringanan pajak saat tinggal dijepang. bahasa kasarnya sih kita memohon surat tidak mampu agar kita bebas pajak. tp toh yang penting kita bisa manabung buat keluarga tanpa banyak potongan.

baik sekarang kita persiapkan syarat utama yaitu :

1 Surat gensen

2 KTP jepang

3 Bukti transfer ke Indonesia ( wesel, union bank,kyodai)

4 Kartu keluarga ( sebaiknya ditranlate ke bhs jepang )

5 Rek bank jepang

Kalo semua syarat udah ada gak usah bingung kemana ngurusnya jagan lewat perantara atau broker. Karena mereka ambil 50% dari uang gensen. Sayang kan uang separo diambil orang, padahal kita bisa ngurus gensen sendiri dengan gratis dan cepat. kita ngurus gensen sendiri selesai dalam waktu 2 jam. Oke setelah syarat semua komplit km ambil smartphone kalian buka google maps search dengan kata kunci zeimusho ( kantor pajak ) sebagai contoh km tinggal di marugame kagawa ken km tulis aja marugame zeimusho (

丸亀税務署)

jrengggggg itu dia kantor pajak yang paling dekat dengan lokasi km. naik sepedalah sebentar datang ke kantor zeimusho bawa semua syarat kasih aja ke petugas mereka akan tahu maksd tujuan kita.

Pengalaman saya pribadi bawalah kamus atau ajak teman yang bhs jepangnya bagus atau teman jepang agar kita lebih cepet prosesnya. saya ampe 2 jam karena mesti buka kamus hahahaha…

Ingat jangan lewat perantara ngurus gensen nya, kalian kenshusei pastinya cerdas enggak maukan kita dibodohi.

semoga bermanfaat. silahkan share kalo bermanfaat.

NB: semakin cepat diurus semakin baik jangan nunggu tahun ke 2 langsung urus aja kalo km tahun pertama. kalo dr tahun pertama diurus gaji kita bisa lebih banyak karena bisa bebas pajak atau mendapat keringanan.

21 Responses to Cara Mengurus Sendiri Keringanan Pajak Gensen di Jepang

  1. nanang says:

    contoh kartu keluarga dalam bahasa jepang bagaimana gan..

  2. Halim says:

    Bro.kk nya apa hrs dilegalisir ato tdk dilegalisir ?makasi bro

    • mzpreholic says:

      Foto copy legalisir bagus, enggak juga gak masalah, cuma bukti Kalo km py keluarga di indonesia, lagian mereka cuma tanya nama ortu sama tgl lahir ortu, pekerjaan.

  3. tiyo says:

    untuk bukti transfer itu semua di bawa apa cuma satu aja cukup ?
    kalo transfer ke keluarganya cuma sedikit apakah bisa di urus ? soalnya ane juga nabung di rek ane di indonesia.
    setelah di urus apakah kita memberitahu pihak kaisha atau tidak ?

    • mzpreholic says:

      dibawa aja semua mas. buat menyakinkan . soal uang yg dikirim ke rek mas, bilang aja itu diambil ortu buat biaya hidup. ingat jangan bilng ortu kita kerja dan dapat penghasilan, bilng aja cuma mas yg kerja ortu dirumah. kalau udah ngurus gak perlu kasih tau kaisha, kalau kaisha nya bagus malah seharusnya sudah diuruskan.

  4. mamik says:

    surat gensen nya didapat dr mana mas?
    untuk bukti transfer, haruskah semua transfer dr awal-akhir?

    • mzpreholic says:

      Gensen itu dari kantor pajak, tapi biasanya dikirim ke perusahaan kita kerja. Kalau tidak menerima gensen. Kita bisa tanya ke perusahaan atau ke umia alias broker. Bukti transfer sebaiknya dibawa semua biar kuat bukti nya. Trus sebaiknya kita transfer ke orng yg namanya tercantum di kartu keluarga yang kita bawa.

  5. Hidayah says:

    Mas kalo kertas gensengnya ilang gimana?

    • mzpreholic says:

      Wah kalau itu belum pernah ngalami mas, seharusnya setiap dokumen penting pasti ada copy file. Coba datang ke kantor pajak 税務署 nya saja dulu mas. Atau bisa konsultasi ke umia atau kaisha

  6. vherr says:

    Min td saya kezeimusho cma ditanya apa tak kasih gensennya hbs itu ga ditanya apa2 cm ngisi formulir selesai….kok ga ditanya syarat yg lain cma no rekening bank sini ma zairyo card

  7. hexsos says:

    Mas kalo pengiriman uang itu lewat teman saya tp uangnya nanti dikasih ke orang tua saya itu bisa gak ya mas? Buat bukti transfer?

  8. Kalo ngurusnya tahun kedua apa perlu kertas gensen tahun pertama dilampirkan juga gan?

  9. purnama says:

    untuk gensen tahun pertama di urus bulan ini bisa gak min ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: